SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

Manfaat Membacakan Buku Cerita Untuk Tumbuh Kembang Anak

Membacakan buku memang terlihat seperti aktivitas santai biasa. Namun, siapa sangka ternyata kegiatan sederhana seperti membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang si kecil nantinya loh. Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Edinburgh, bahwa aktivitas membaca buku cerita dan bercerita dengan anak merupakan aktivitas bonding antara orang tua dengan anak yang menyenangkan. Dengan bercerita ternyata membuat kosakata anak lebih luas, dapat mengembangkan serta memelihara keterampilan bahasa mereka. Serta membaca cerita juga membuat anak mampu berpikir kreatif. Sebagai salah satu kegiatan positif, yuk kenali apa saja manfaat membaca dari membacakan buku cerita untuk anak :

 

1.    Merangsang kemampuan berbahasa dan komunikasi

Ketika orang tua membacakan buku cerita, anak akan mengamati dan belajar berbagai macam kosa kata baru yang belum pernah ia ketahui sebelumnya. Dengan begitu, kemampuan berbahasa anak pun akan meningkat dan ia bisa menggunakan kosakata yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu.

 

2.    Mengembangkan keterampilan mendengar, menganalisa, dan pemahaman

Membacakan buku cerita ternyata dapat menstimulasi anak untuk memastikan bahwa mereka tidak hanya memperhatikan, tetapi juga mendengarkan dan memahami. Ketika kebiasaan mendengarkan cerita ditanam dalam diri anak, mereka belajar untuk menjadi pendengar yang lebih baik, serta memahami lebih banyak.

 

3.     Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas anak

Dunia anak merupakan dunia bermain dengan imajinasi dan kreativitas. Orang tua dapat menstimulasi daya imajinasi anak dengan membacakan cerita untuknya secara rutin, sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang kreatif. Membacakan cerita dengan menggunakan intonasi nada, gerakan tubuhjuga akan membantu anak membayangkan seperti apa gambaran cerita tersebut di dalam pikirannya.

 

4.     Melatih konsentrasi anak

Membacakan buku cerita bisa melatih konsentrasi anak. Setelah orang tua membacakan cerita, orang tua bisa memintanya untuk mengulang cerita yang sama setelah beberapa hari. Selain itu, orang tua juga bisa meminta anak untuk mengembangkan lanjutan cerita tersebut versi mereka.

 

5.     Mempererat ikatan emosional antara orangtua dan anak

Membacakan buku merupakan seni yang membawa anak dan orangtua mendekat secara fisik dan juga emosional satu sama lain. Saat sedang membacakan buku cerita untuk anak, orang tua dapat sambil memeluknya, bercanda, dan bermanja-manja. Hal ini akan mempererat hubungan orang tua dengan anak.

 

6.     Menjadi media untuk menanamkan nilai sosial

Dalam membaca buku cerita, anak-anak bisa belajar bagaimana harus bersikap saat menghadapi situasi atau lingkungan baru. Membacakan buku untuk anak juga bisa membuat mereka lebih siap ketika menghadapi kehidupan nyata.

 

                Sudah tahu ya apa saja manfaat baca buku untuk anak? Untuk itu, sayang jika orang tua melewatkannya begitu saja. Jika orang tua sulit untuk memulai berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat dalam membacakan buku untuk anak agar ia tumbuh menjadi pembaca :

·   Pilihlah buku yang paling diminati anak, dan sesuai dengan usianya, misalnya cerita yang banyak pengulangan dan memiliki kata yang sama muncul berulang.

·     Gunakan intonasi yang berbeda untuk situasi dan karakter yang berbeda.

·      Tanyakan tentang benda benda apa saja yang ada di buku. Berilah pujian setiap anak menamai suatu benda. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan kosa kata anak.

·        Bacakan dengan suara nyaring, sambil menunjuk kata-katanya.

·   Membuat jadwal membaca buku yang telah disepakati, dan lakukan secara konsisten. Misalnya 10-15 menit setiap hari. 

·        Setelah membaca buku, luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan kepada anak, tentang bagian favorit mereka, maupun tokoh yang ada di dalam buku. 

·  Bantu anak membuat hubungan antara peristiwa dalam cerita dan kehidupan mereka sendiri. Misalnya, “Pernahkan kamu merasa bahagia seperti si Gugu?”

       Jadi, peran orang tua dalam tumbuh kembang anak sangat penting termasuk yang terkait dengan kebiasaan literasi seperti membaca. Tidak hanya agar anak unggul dalam bidang akademik, tapi juga membantu anak tumbuh dan berkembang dengan berbagai cara.

 

Ulfah Hannani, M.Psi., Psikolog

Psikolog KB dan TK Avicenna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?