AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

Parent Lighthouse Team : “Gadget vs Goals: Upgrade Fokus Anak Remaja”

Gadget VS Goals Parent Lighthouse Team

Seminar Parent Lighthouse Team bertajuk “Gadget Vs Goals: Upgrade Fokus Anak Remaja” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi., Psikolog mengupas tuntas isu ini dan memberikan panduan untuk membantu remaja tetap fokus di tengah derasnya arus teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Sekolah Avicenna Jagakarsa ini berhasil menghasilkan materi yang bermanfaat:

Di era digital yang serba cepat, remaja menghadapi tantangan besar dalam menyeimbangkan waktu antara penggunaan gadget dan pencapaian tujuan mereka.

Remaja mengalami tiga jenis perubahan signifikan:

  1. Perubahan Fisik:
    Akibat perubahan hormon dan kematangan reproduksi, remaja sering menghadapi tantangan seperti krisis percaya diri dan dinamika pacaran.
  2. Perubahan Kognitif:
    Pola pikir remaja yang mulai kritis dapat menyebabkan konflik dengan parents karena perbedaan pandangan.
  3. Perubahan Sosial dan Emosional:
    Keterlibatan dengan teman sebaya dan keinginan untuk menunjukkan eksistensi seringkali memicu aktivitas seperti adiksi game atau organisasi.

Orangtua memiliki peran kunci dalam meningkatkan motivasi belajar remaja. Berdasarkan penelitian:

  • Komunikasi positif orangtua dapat meningkatkan motivasi belajar hingga 56,90%.
  • Sebagai motivator, orangtua dapat membantu anak menetapkan target, mengenali kemampuan, dan memberikan dukungan konsisten.
  1. Membangun Komunikasi Efektif:
    • Pastikan komunikasi dengan remaja berlangsung nyaman dan tepat sasaran.
    • Hindari menyalahkan, memberi ceramah, mengejek, atau membandingkan anak dengan orang lain.
    • Membangun kepercayaan, empati, mendengar aktif, dan sikap asertif.
  2. Mengajarkan Self-Regulated Learning (SRL):
    SRL adalah kemampuan individu untuk mengelola proses belajarnya sendiri. Komponen SRL meliputi:
    • Metakognisi: Membantu remaja menetapkan tujuan, membuat rencana belajar, dan mengevaluasi pencapaian.
    • Motivasi: Mendorong mereka untuk tidak mudah menyerah saat menghadapi hambatan.

Perilaku: Memilih aktivitas yang relevan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

  • Temukan strategi belajar yang cocok untuk mereka.
  • Bimbing dalam merumuskan target belajar yang spesifik.
  • Ingatkan dan motivasi mereka untuk tetap pada jalur pencapaian.
  • Sediakan lingkungan yang kondusif serta fasilitas yang mendukung.
  • Jalin kerjasama dengan guru untuk memantau kemajuan mereka.

Seminar ini menegaskan bahwa dengan komunikasi yang baik dan pengenalan SRL, remaja dapat mengatasi tantangan dari penggunaan gadget dan tetap fokus pada tujuan hidup mereka. Mari bersama menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif, dan tangguh! 🌟

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?