AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

SD Avicenna Jagakarsa - Leadership School

SD Avicenna Leadership School Indonesia memiliki komitmen yang sangat kuat dari semua pihak baik Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah, Yayasan dan Orang Tua untuk memberikan upaya maksimal dalam proses belajar siswa.

Proses belajar guna mencapai tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para siswa dirangkum dalam 3 (tiga) fondasi utama yaitu Akademik, Kepemimpinan dan Budaya.

Fondasi Akademik dimana Sekolah menjamin lingkungan belajar berlangsung kondusif bagi prestasi siswa dalam mewujudkan potensi tertinggi mereka.

Fondasi Kepemimpinan dimana Sekolah memastikan bahwa keterampilan kepemimpinan yang penting termasuk 7 Habits diajarkan secara efektif kepada siswa dan keluarga.

Fondasi Budaya dimana Sekolah bertanggungjawab atas pendidikan mereka melalui penerapan prinsip KEPEMIMPINAN seperti penetapan tujuan/target dalam setiap aktivitas Siswa, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kepala SD Avicenna Jagakarsa | Leadership School Jakarta

Novianti Dwi Pangesti S. Kom.

Assalamualaikum Wr Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Pada abad ke-21 ini, kita bersama-sama memasuki era baru terkait dengan Pendidikan Anak. Di dalam menghadapi era ini, anak akan berhadapan dengan kebutuhan akan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi, keterampilan pembelajaran, inovasi, dan juga keterampilan hidup. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dibutuhkan anak untuk menghadapi masa depan yang berdaya guna dan mampu mengasah keterampilan dalam menganalisa serta memanfaatkan informasi untuk menjawab tantangan masa depan.

Di sinilah Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa hadir dengan visi “Mewujudkan sekolah berkarakter kepemimpinan, berbasis sains dan teknologi, peduli pada lingkungan dan berprestasi”. Sekolah kami juga melakukan proses pembelajaran yang mengutamakan karakter kepemimpinan berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa hadir dengan banyak program yang diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang beragam. Diantaranya program The Leader In Me bekerja sama dengan Dunamis. Dengan adanya penerapan The Leader In Me diharapkan peserta didik dapat menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri maupun orang lain serta meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermakna.

Program Pra-MPLS bagi peserta didik baru, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung program dari Kemendikbud Ristek yaitu transisi dari PAUD ke Sekolah dasar yang bertujuan untuk mengoptimalkan aspek-aspek kesiapan Peserta Didik baru SD Avicenna.

Program Integrated Learning melalui penerapan metode STEM yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta didik terhadap science, technology dan mathematics serta dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis, kreatif dan mendorong peserta didik agar dapat berpikir lebih luas, mendalam dan tajam terhadap permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata.

Program pembelajaran dengan metode Montessori bagi peserta didik kelas 1 dan 2 yang bertujuan untuk membantu peserta didik menemukan minat dan bakatnya, mengembangkan potensi kognitif, emosional, sosial dan motorik peserta didik secara menyeluruh serta meningkatkan kreatifitas dan ketertarikan dalam mempelajari hal-hal baru.

Program penguatan literasi dan numerasi yang merupakan kemampuan untuk memahami bacaan, mengidentifikasi permasalahan, mengevaluasi keabsahan suatu sumber, menerapkan penggunaan hitungan untuk memecahkan permasalahan nyata, mengitegrasikan teknologi dan menciptakan suatu solusi.

Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa tidak hanya terfokus pada perkembangan akademis putra-putri calon pemimpin bangsa, kami juga memiliki program dedicated psychologist yang terdiri dari pemberian rapor tumbuh kembang. Sekolah Avicenna percaya akan hasil belajar anak yang tidak hanya dilihat oleh nilai akhir pada rapor, namun juga pada perjalanannya dalam tahapan perkembangannya. Kegiatan Talent Mapping yang bertujuan untuk memetakan potensi siswa. Selain itu adanya Layanan konseling yang diberikan untuk orang tua dan anak-anak dalam membantu proses perkembangan anak. Berikutnya adalah Psikoedukasi dimana program ini merupakan bagian dari bentuk kerjasama antara sekolah dan rumah (Home School Collaboration). Dengan penerapan hal tersebut, kami yakini kita bersama dapat membangun potensi anak secara keseluruhan atau whole child approach juga membentuk karakter peserta didik sebagai pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, menghargai kebinekaan global, mau bekerjasama, kreatif, bernalar kritis dan berani.

Pilihan ekstrakulikuler yang beragam, yang diharapkan dapat mengakomodasi minat dan bakat siswa dibidang non akademik.

Selain adanya program-program unnggulan SD Avicenna juga memiliki pengajar yang professional pada bidang masing-masing. Adanya program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sebagai komunitas pembelajar berkelanjutan pada masing-masing mata pelajaran. Para pengajar di Sekolah Avicenna diberikan kesempatan untuk dapat mengikuti seminar atau pelatihan serta mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) baik pedagogik maupun akademik setiap tahunnya sebagai upaya untuk menjamin mutu dan pengembangan kompetensi tenaga pendidik.

Dengan berbagai keunggulan utama tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu untuk mengenal kami lebih baik lagi dengan menghubungi narahubung sekolah kami. Dengan rendah hati, kami terbuka untuk berdiskusi dan mengajak Bapak/Ibu juga keluarga untuk melihat secara langsung keunggulan yang kami miliki.

Kami akan menyambut kedatangan Bapak/Ibu dengan penuh kehangatan dan keramahan.

Demikian kami sampaikan,

Wassalamualaikum Wr Wb

  1. SD Avicenna Jagakarsa merupakan Leadership School yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi serta 7 Habits dalam pembelajaran maupun Program Sekolah, untuk membantu pembentukan karakter.
  2. Berbasis pada pendidikan Multikultural yang berfokus pada pembiasaan dan penanaman karakter kepemimpinan, sikap peduli lingkungan sosial, serta toleransi antar suku, agama, dan keragaman budaya.
  3. Proses pembelajaran yang terintegrasi dengan aplikasi perangkat lunak Learning Management System (LMS).
  4. Pembelajaran terdiferensiasi yang mengakomodir perbedaan karakteristik dan kebutuhan siswa.
  5. Dedicated Psychologist berupa layanan langsung dari Psikolog untuk Siswa, Orang Tua, dan Tenaga Pendidik.
  6. Sarana dan Prasaranan yang mendukung Kegiatan Belajar Mengajar termasuk penggunaan aparatus Montessori sebagai alat peraga edukatif.
  1. Memiliki Student Lighthouse Team sebagai Duta Kepemimpinan
  2. Memiliki lingkungan sekolah yang asri, bersih dan nyeman untuk belajar dengan menerapkan Leadership Environment
  3. Memiliki Tenaga Pendidik yang profesional dalam Bidang Akademik dan Pedagogik yang dipantau melalui Rapot Kinerja
  4. Memiliki Psikolog Sekolah yang memantau Tumbuh Kembang Siswa
  5. Memiliki Asuransi Kesehatan untuk melindungi Siswa

Avicenna Leadership School Indonesia – SD Avicenna Jagakarsa merupakan Leadership School Indonesia yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi serta 7 Habits dalam pembelajaran maupun Program Sekolah, untuk membantu pembentukan karakter.

Program Leader in Me Sekolah Avicenna yang bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dengan menerapkan keseimbangan antara budaya/kebiasaan, kemampuan kepemimpinan, dan prestasi akademik dalam keseluruhan proses pendidikan. Leader in Me membantu peserta didik untuk mempersiapkan aspek-aspek penting dalam menghadapi setiap tantangan dengan melatih praktek kepemimpinan melalui peran-peran dan kegiatan yang memberdayakan potensi peserta didik sehingga dapart memimpin sendiri pembelajaran dan pencapaian akademiknya.

Sekolah Avicenna memiliki Program Layanan Psikologi bagi Siswa, Tenaga Pendidik dan Orang Tua guna membantu menyelesaikan hambatan dalam belajar dan mengembangkan potensi siswa. Program ini didukung oleh tenaga Psikolog yang tersertifikasi dan berpengalaman.

Sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dengan memberi kesempatan bagi orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan khusus seperti menjadi nara sumber untuk topik tertentu sesuai dengan profesi orang tua, membacakan cerita dalam kegiatan pekan literasi dan lain sebagainya.

  1. Kurikulum Merdeka
  2. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
  3. Projek STEAM (Integrasi Sains, Informatika dan Matematika)
  4. Leader in Me
  5. Avicenna English Conversation (AEC)
  6. Montessori (Penggunaan aparatus Montessori sebagai media pembelajaran)
  7. MNR dan SNR (Matematika Nalaria Realistik dan Sains Nalaria Realistik)
  8. Literasi dan Numerasi
  9. Karya Tulis (Kelas 6)
  10. Entrepreneurship (Market day)
  11. Avicenna Student Research (ASR)
  12. Literasi Asyik Menyenangkan (LAM) Siswa kelas 1 & 2
  13. Matematika Itu Menyenangkan (MIM) Siswa kelas 1-6
  14. English Day
  1. Pembiasaan 7 Habits
  2. Leader in Me (LIM) Camp
  3. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
  4. Pembiasaan Ibadah sesuatu Agama masing-masing
  5. Avicenna Student Research (ASR)
  6. Avicenna Peduli Lingkungan (APEL)
  7. English, Math, and Science Olimpiad
  8. Ektrakurikuler dan Club
  9. Parenting dan Psikoedukasi
  10. Motivation Training
  1. Sains
  2. Paduan Suara
  3. Pramuka
  4. Futsal
  5. Tari Tradisional
  6. Coding
  7. Pencak Silat
  8. Tahfidzh
  9. Club Matenatika
  10. Club Sains

INTERNASIONAL

  1. Lomba Matematika Nasional, Juara 1, International Mental Arithmetic, Internasional, 2024
  2. International Mathematics and Science Olympiad for Primary School, Bronze Medal, Klinik Pendidikan MIPA, Internasional, 2024

NASIONAL

  1. Taekwondo Piala Kemenpora RI, Gold Medal, Kemenpora RI, Nasional, 2024
  2. Kejuaraan Pencak Silat Walikota Jakarta Timur CUP 2024, Gold Medal, IPSI Jakarta Timur, Kota Jakarta, 2024
  3. O2SN Cabang Olahraga Senam, Juara 1, Kemendikbudristek, Jakarta Selatan, 2024
  4. O2SN Cabang Olahraga Renang, Juara 2, Kemendikbudristek, Kota Jakarta, 2024
  5. O2SN Cabang Olahraga Badminton, Juara 3, Kemendikbudristek, Jakarta Selatan, 2024
  6. Lomba Membaca Puisi Kategori SD/MI, Juara Harapan 1, Perpustakaan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, 2024
  7. Lomba Menulis Kategori SD/MI, 10 Peserta Terbaik, Perpustakaan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, 2024
  8. Lomba Bertutur Kategori SD/MI, 10 Peserta Terbaik, Perpustakaan Jakarta Selatan, Jakarta Selatan, 2024
Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?