SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

SD Avicenna Jagakarsa - Leadership School

SD Avicenna Leadership School memiliki komitmen yang sangat kuat dari semua pihak baik Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah, Yayasan dan Orang Tua untuk memberikan upaya maksimal dalam proses belajar siswa.

Proses belajar guna mencapai tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para siswa dirangkum dalam 3 (tiga) fondasi utama yaitu Akademik, Kepemimpinan dan Budaya.

Fondasi Akademik dimana Sekolah menjamin lingkungan belajar berlangsung kondusif bagi prestasi siswa dalam mewujudkan potensi tertinggi mereka.

Fondasi Kepemimpinan dimana Sekolah memastikan bahwa keterampilan kepemimpinan yang penting termasuk 7 Habits diajarkan secara efektif kepada siswa dan keluarga.

Fondasi Budaya dimana Sekolah bertanggungjawab atas pendidikan mereka melalui penerapan prinsip KEPEMIMPINAN seperti penetapan tujuan/target dalam setiap aktivitas Siswa, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kepala SD Avicenna Jagakarsa

Amalia Novita Retaminingrum, M.Psi., Psikolog

Assalamualaikum Wr Wb,

Salam sejahtera bagi kita semua,

Pada abad ke-21 ini, kita bersama-sama memasuki era baru terkait dengan Pendidikan Anak. Di dalam menghadapi era ini, anak akan berhadapan dengan kebutuhan akan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dibidang teknologi, media dan informasi, keterampilan pembelajaran, inovasi, dan juga keterampilan hidup. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dibutuhkan anak untuk menghadapi masa depan yang berdaya guna dan mampu mengasah keterampilan dalam menganalisa serta memanfaatkan informasi untuk menjawab tantangan masa depan.

Di sinilah Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa hadir dengan visi “Mewujudkan sekolah berkarakter kepemimpinan, berbasis sains dan teknologi, peduli pada lingkungan dan berprestasi”. Sekolah kami juga melakukan proses pembelajaran yang mengutamakan karakter kepemimpinan berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa hadir dengan banyak keunggulan. Pertama, Sekolah Avicenna merupakan leadership school yang menerapkan Prinsip – Prinsip 7 Habits melalui Program The Leader In Me bekerja sama dengan Dunamis. The Leader In Me memberikan sekolah dan tenaga pendidik peluang untuk membangun budaya pemberdayaan siswa dan disiplin diri yang kuat sehingga para siswa bertanggungjawab atas pendidikan dan kesuksesannya sendiri.

Kedua, Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa menerapkan model pembelajaran Inquiry Based Learning, Flipped Learning dan Project based Learning dalam pendekatan student centered yang menjadikan siswa sebagai agen belajar yang memiliki voice, choice, dan ownership dalam proses pembelajarannya.

Pembelajaran berbasis inquiry adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan peran peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik akan diajak untuk membuat pilihan tentang bagaimana mereka mencapai tujuan pembelajaran, terlibat dalam kolaborasi online dan offline untuk memecahkan masalah, melakukan diferensiasi dan umpan balik, serta memperoleh peluang untuk melakukan refleksi dan revisi, sehingga peserta didik akan terus termotivasi secara intrinsik dan terinspirasi untuk melakukan aksi nyata.

Ketiga, Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa juga menerapkan Interdisciplinary Learning (IDL) atau Pembelajaran Terpadu. Pendekatan ini dilakukan secara fleksibel untuk memadukan disiplin ilmu sehingga siswa memahami bagaimana pembelajaran terpadu dapat ditemukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. IDL Merupakan satu pendekatan dalam pembelajaran sebagai proses untuk mengaitkan serta memadukan materi ajar dalam satu mata pelajaran atau antar mata pelajaran. Sebagai contoh guru dapat mengintegrasikan Kompetensi Dasar (Pengetahuan dan Keterampilan) antara mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan Seni Rupa maupun dengan mata pelajaran lainnya.

Keempat, Sekolah Dasar Avicenna Jagakarsa tidak hanya terfokus pada perkembangan akademis putra-putri calon pemimpin bangsa, kami juga memiliki program dedicated psychologist yang terdiri dari pemberian rapor tumbuh kembang. Sekolah Avicenna percaya akan hasil belajar anak yang tidak hanya dilihat oleh nilai akhir pada rapor, namun juga pada perjalanannya dalam tahapan perkembangannya. Selain itu adanya Layanan konseling yang diberikan untuk orangtua dan anak-anak dalam membantu proses perkembangan anak. Berikutnya adalah Psikoedukasi dimana program ini merupakan bagian dari bentuk kerjasama antara sekolah dan rumah (Home School Collaboration). Dengan penerapan hal tersebut, kami yakini kita bersama dapat membangun potensi anak secara keseluruhan atau whole child approach juga membentuk karakter peserta didik sebagai pelajar Pancasila yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yme dan berakhlak mulia, menghargai kebinekaan global, mau bekerjasama, kreatif, bernalar kritis dan berani.

Dengan empat keunggulan utama tersebut, kami mengundang Bapak/Ibu untuk mengenal kami lebih baik lagi dengan menghubungi narahubung sekolah kami. Dengan rendah hati, kami terbuka untuk berdiskusi dan mengajak Bapak/Ibu juga keluarga untuk melihat secara langsung keunggulan yang kami miliki.

Kami akan menyambut kedatangan Bapak/Ibu dengan penuh kehangatan dan keramahan.

Demikian kami sampaikan,

Wassalamualaikum Wr Wb

SD Avicenna Jagakarsa menerapkan Kurikulum Nasioanal 2013. Selain Menerapkan Kurikulum Nasional 2013, SD Avicenna Jagakarsa juga menerapkan Program Leader in Me.

Program Leader in Me Sekolah Avicenna yang bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dengan menerapkan keseimbangan antara budaya/kebiasaan, kemampuan kepemimpinan, dan prestasi akademik dalam keseluruhan proses pendidikan. Leader in Me membantu peserta didik untuk mempersiapkan aspek-aspek penting dalam menghadapi setiap tantangan dengan melatih praktek kepemimpinan melalui peran-peran dan kegiatan yang memberdayakan potensi peserta didik sehingga dapart memimpin sendiri pembelajaran dan pencapaian akademiknya.

Sekolah Avicenna memiliki Program Layanan Psikologi bagi Siswa, Tenaga Pendidik dan Orang Tua guna membantu menyelesaikan hambatan dalam belajar dan mengembangkan potensi siswa. Program ini didukung oleh tenaga Psikolog yang tersertifikasi dan berpengalaman.

Sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dengan memberi kesempatan bagi orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan khusus seperti menjadi nara sumber untuk topik tertentu sesuai dengan profesi orang tua, membacakan cerita dalam kegiatan pekan literasi dan lain sebagainya.

  1. Pembelajaran Kepemimpinan (Leader in Me)
  2. Avicenna English Conversation
  3. Matematika dan Sains Nalaria Realistik
  4. Dedicated Psychologist
  1. Pembiasaan 7 Habits
  2. Pembiasaan Berdoa menurut agama masing-masing
  3. Literasi
  4. Student Led Conference (SLC)
  5. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
  6. Avicenna Student Research (ASR)
  7. Avicenna Peduli Lingkungan (APEL)
  8. Avicenna Cup
  9. Training Motivasi
  1. Sains- KIR
  2. Coding
  3. Paduan Suara
  4. Menggambar (Kelas 1-3)
  5. Komik Strip (Kelas 4-6)
  6. Public Speaking (Kelas 3-6)
  7. Bahasa Mandarin
  8. Tahfidz

INTERNASIONAL

  1. 2 Bronze & 1 Merit,  International Mathematics Competition Singapore (IMCS)
  2. 1 Bronze Medal, E. Poomsae Tournam,ent (Taekwondo) – Bandung International E.poomase Tournament

NASIONAL

    1. 3 Gold Medal, Read Online Competition Geometri – Klinik Pendidikan MIPA
    2. 2 Silver Medal, Read Online Competition Geometri – Klinik Pendidikan MIPA
    3. 4 Bronze Medal, Read Online Competition Geometri – Klinik Pendidikan MIPA
    4. Merit, Read Online Competition Geometri – Klinik Pendidikan MIPA
    5. Final, Midle European Mathematics Olympiad
    6. Final, Kompetisim Matematika dan Sains Indonesia (KMSI) – Klinik Pendidikan MIPA
Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?