SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

SISWA SMA AVICENNA JAGAKARSA MERAIH GOLD MEDAL KOMPETISI PROJECT PENELITIAN TINGKAT INTERNASIONAL WICE 2020

Antidiabedic activity of HIMETAN TEMPEH on the alloxan induced mice karya penelitian yang berhasil mengantarkan siswa SMA Avicenna Jagakarsa meraih 2 penghargaan sekaligus yaitu Gold Medal dan Special Award dalam ajang kompetisi World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2020, yang di selenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia pada bulan September. Siswa yang akrab dipanggil Razan ini merupakan siswa kelas XII-IPA yang sejak dulu menekuni salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMA Avicenna Jagakarsa yaitu karya ilmiah remaja (KIR). Kecintaan pada karya ilmiah memotivasi Razan untuk mengikuti ajang kompetisi project penelitian yang meneliti kandungan antioksiden pada tempe untuk mencegah penyakit diabetes.

Karya ilmiah siswa yang sehari hari menggunakan hijab ini fokus membahas kandungan antioksidan pada tempe dan juga pemanfaatan untuk mencegah peluang terjadinya diabetes bagi pengkonsumsinya. Dalam karya ilmiah ini, ada proses penelitian eksperimen kimia dan biologi secara mendalam juga terdapat proses fragmentasi dan peluang ujicoba secara berkelanjutan. Karena karya penelitiannya, ia pun dilirik oleh dewan juri dan dinobatkan sebagai salah satu peserta yang meraih penghargaan Special Award mengalahkan puluhan karya dari berbagai Negara.

Kompetisi ini diikuti oleh ratusan siswa tingkat SMA dan mahasiswa dari beberapa Negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Turki, China, Amerika, Singapura, Filipina dan beberapa negera lain. Atas berbagai seleksi yang cukup ketat oleh panitia, terpilih beberapa finalis yang diundang khusus mendapat applied science untuk melakukan presentasi secara virtual. Seleksi pertama melalui abstrak project penelitian dan yang kedua adalah final presentation.

Razan begitu bahagia dan terharu ketika namanya diumumkan sebagai salah satu peraih Gold Medal dan juga Special Award dalam ajang kompetisi bergengsi di tingkat International tersebut. Hal itu mendorongnya untuk tetap rendah hati, selalu semangat untuk berkarya dan melakukan pengembangan potensi diri di bidang karya ilmiah secara berkelanjutan. Tentu saja Sekolah Avicenna Jagakarsa sesuai dengan salah satu visinya ikut mendukung serta memberi wadah bagi para pemimpin masa depan dengan mengasah bakat serta minat siswa dalam dunia sains dan teknologi. Harapan dari visi misi kami melalui siswa siswi SMA Avicenna Jagakarsa adalah dapat memberi mmanfaat bagi lingkungan masyarakat luas. #semangat karakter kreatif prestasi

Muqorobin, M.Pd

Kepala SMA Avicenna Jagakarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *