SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

SMA Avicenna Jagakarsa

Sekolah Avicenna memiliki komitmen yang sangat kuat dari semua pihak baik Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah, Yayasan dan Orang Tua untuk memberikan upaya maksimal dalam proses belajar siswa.

Proses belajar guna mencapai tujuan pendidikan yaitu untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi di dalam diri para siswa dirangkum dalam 3 (tiga) fondasi utama yaitu Akademik, Kepemimpinan dan Budaya.

Fondasi Akademik dimana Sekolah menjamin lingkungan belajar berlangsung kondusif bagi prestasi siswa dalam mewujudkan potensi tertinggi mereka.

Fondasi Kepemimpinan dimana Sekolah memastikan bahwa keterampilan kepemimpinan yang penting termasuk 7 Habits diajarkan secara efektif kepada siswa dan keluarga.

Fondasi Budaya dimana Sekolah bertanggungjawab atas pendidikan mereka melalui penerapan prinsip KEPEMIMPINAN seperti penetapan tujuan/target dalam setiap aktivitas Siswa, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Kepala SMA Avicenna Jagakarsa
Muqorobin, M.Pd

Assalamu’alaikum Wr WB

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Anak anakku siswa siswi SMA Avicenna Jagakarsa yang berbahagia, Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang masih memberikan rahmat, nikmat dan karunia kepada kita semua, sehingga kita masih bisa beraktifitas pada hari ini. Insya Allah dengan kita senantiasa bersyukur maka akan ditambahkan nikmat kepada kita semuanya.

Pada Tahun Pelajaran baru 2020/2021 kali ini sungguh sangat berbeda dengan suasana memasuki Tahun ajaran baru pada tahun sebelumnya. Dahulu pada tahun ajaran baru kalian diantar oleh orang tua kesekolah, lalu kita selalu upacara, berbaris rapi di lapangan untuk penyambutan kalian, namun kali ini kita bertemu secara virtual melalui Video Converence, semua ini demi untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kita semua di masa Pandemi Covid 19.

Untuk siswa baru kelas X saya sampaikan selamat datang dan selamat bergabung di SMA Avicenna Jagakarsa, sekolah yang mengedepankan pendidikan karakter kepemimpinan dan berbasis sains-teknologi. Sungguh sangat beruntung dan anugerah kalian bisa bergabung di SMA Avicenna Jagakarsa ini. Dari ratusan pendaftar, kalian adalah anak anak terpilih yang bisa masuk SMA Avicenna Jagakarsa. Oleh karena itu bersyukurlah dengan cara belajar lebih keras lagi sehingga kalian bisa lebih berprestasi di sekolah ini.

Di sekolah yang baru ini tentu saja akan berbeda dengan sekolah sebelumnya di SMP baik kurikulumnya, gurunya, cara belajarnya dan suasananya banyak sekali perbedaan. Segeralah kalian untuk bisa menyesuaikan diri kalian dengan lingkungan sekolah yang baru. Ikutilah setiap proses kegiatan pengembangan diri, bila tidak paham tanyakanlah kepada gurumu, kakak kelasmu dan mentor terdekatmu.

Untuk anak anakku siswa siswi kelas XI dan XII

Selamat kalian sudah dapat naik kelas, berilah contoh yang baik kepada adik-adikmu kelas X, bantulah adik-adikmu agar segera bisa menyesuaikan dengan lingkungan sekolah. Tetaplah belajar dengan giat agar prestasi kalian senantiasa terukir dengan indah melalui semboyan

SETIAP DIRI KALIAN ADALAH PEMIMPIN, BELAJAR DENGAN PENUH SEMANGAT DAN KREATIFITAS, TANAMAKAN KEPEDULIAN DENGAN SESAMA, SELALU BERPRESTASI DAN SANTUN DALAM BERINTERAKSI.

Selanjutnya karena masih di masa Pandemi Covid 19, maka pembelajaran belum diperbolehkan secara tatap muka melainkan masih dilaksanakan secara daring dan luring (blanded learning), persiapkan segala sesuatunya dengan baik semoga tidak mengurangi semangat kalian untuk tetap belajar dengan penuh semangat dan belajar dengan  giat. Jalin silaturahmi dengan sesama siswa maupun dengan Bapak Ibu Guru dan seluruh warga SMA Avicenna Jagakarsa meskipun secara virtual

Akhirnya selamat belajar kembali ditahun pelajaran yang baru mulailah dengan semangat yang baru, semangat untuk mengukir prestasi, semoga kita semuanya senantiasa sehat dan dapat melaksanakan tugas dan kewajiban kita dengan sebaik baiknya

Kepada orang tua siswa kami sampaikan terima kasih atas kepercayaannya untuk memberikan amanah proses pendidikan putra-putrinya kepada kami. Saya mengajak kepada seluruh orang tua untuk selalu bersinergi, bekerja sama  dan mengambil bagian untuk mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan ananda di SMA Avicenna Jagakarsa.

Untuk Bapak Ibu Guru, marilah kita senantiasa untuk memberikan inovasi pembelajaran kepada para peserta didik calon pemimpin bangsa, selalu mencari terobosan inovasi untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para siswa khususnya dan masyarakat pada umumnya. Bangun komunikasi efektif dengan seluruh stakeholders.

Wassalamu’alaikum Wr W

SMA Avicenna Jagakarsa Kurikulum Nasioanal 2013. Selain Menerapkan Kurikulum Nasional 2013, SMA Avicenna Jagakarsa juga menerapkan Program Leader in Me.

Program Leader in Me Sekolah Avicenna yang bertujuan untuk menciptakan generasi unggul dengan menerapkan keseimbangan antara budaya/kebiasaan, kemampuan kepemimpinan, dan prestasi akademik dalam keseluruhan proses pendidikan. Leader in Me membantu peserta didik untuk mempersiapkan aspek-aspek penting dalam menghadapi setiap tantangan dengan melatih praktek kepemimpinan melalui peran-peran dan kegiatan yang memberdayakan potensi peserta didik sehingga dapart memimpin sendiri pembelajaran dan pencapaian akademiknya.

Sekolah Avicenna memiliki Program Layanan Psikologi bagi Siswa, Tenaga Pendidik dan Orang Tua guna membantu menyelesaikan hambatan dalam belajar dan mengembangkan potensi siswa. Program ini didukung oleh tenaga Psikolog yang tersertifikasi dan berpengalaman.

Sekolah menjalin kerjasama dengan orang tua siswa dengan memberi kesempatan bagi orang tua untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan khusus seperti menjadi nara sumber untuk topik tertentu sesuai dengan profesi orang tua, membacakan cerita dalam kegiatan pekan literasi dan lain sebagainya.

  1. Avicenna Student Reasearch (ASR)
  2. Basic Leadership Training (BLT)
  3. Literasi
  4. Jurnalistik
  5. Jambore
  6. Karya Tulis Ilmiah
  7. Motivation Training
  1. Pramuka
  2. Pencak Silat
  3. Tari Tradisional
  4. Futsal
  5. Basket
  6. Kelas Memasak
  1. Gold Medal, Karya Ilmiah (Internasional Science invention fair) IYSA – 2019.
  2. Silver Medal, Karya Ilmiah (Creative science inovation with poloid system) IYSE – 2019.
  3. Bronze Medal, Karya Ilmiah (Creative science inovation with poloid system) IYSIE – 2019.
  4. Juara 1 (Tim), Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Dinas Pendidikan Jakarta Selatan – 2019.
  5. Juara 3, Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Dinas Pendidikan Jakarta Selatan – 2019.
  6. Juara 2, Atletik (Lompat Jauh Putra) O2SN / Dinas Pendidikan, Jakarta – 2019.
  7. Harapan 1, Atletik (Lari Putra) O2SN / Dinas Pendidikan, Jakarta – 2019.
  8. Harapan 2, Atletik (Lari Putri) O2SN / Dinas Pendidikan, Jakarta – 2019.
  9. Juara 1, Grammar Bahasa Jerman, SMAN 61 Jakarta – 2018.
  10. Juara 3, Menulis Aksara Mandarin (Hanzi), SMAN 61 Jakarta – 2018.
  11. Juara 5, OSN Bidang Astronomi, DInas Pendidikan Jakarta – 2018.