SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

Sosialisasi dan Pelantikan Agen Perubahan “Program Anti Perundungan Di Sekolah” Program Roots Indonesia SMA Avicenna Jagakarsa

Program Roots Indonesia
Pembacaan Komitmen oleh Perwakilan Agen Perubahan
AVICENNA LEADERSHIP SCHOOL — Pada Jum’at, 24 September 2021 SMA Avicenna Jagakarsa telah melaksanakan kegiatan “Sosialisasi dan Pelantikan Agen Perubahan Program Roots Indonesia”. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan langsung di Hall Sekolah Avicenna Jagakarsa.

Roots Indonesia merupakan program pencegahan perundungan dan kekerasan berbasis sekolah. Program ini merupakan bentuk kerjasama antara Kemendikbudristek dengan UNICEF Indonesia. Sebagai tahap awal “Roots Indonesia” memulai pelakasanaannya pada SMP dan SMA yang telah terpilih menjadi Sekolah Penggerak, serta SMK Pusat Keunggulan. Dalam pelakasanaannya program Roots Indonesia akan melibatkan beberapa pihak seperti siswa sebagai agen perubahan dan guru sebagai fasilitator.

Sebagai salah satu SMA yang terpilih kedalam program sekolah penggerak, SMA Avicenna Jagakarsa mendapatkan kesempatan untuk ikut serta dalam menerapkan program “Roots Indonesia” dan resmi melantik 30 siswa. Pelantikan diilakukan oleh Bp. Muqorobin selaku Kepala Sekolah SMA Avicenna Jagakarsa dan disaksikan oleh perwakilan dari Polsek Jagakarsa, Ketua RT 007, Ketua RW 001, FKDM Kelurahan Jagakarsa, Bp. Imam Sukendro selaku perwakilan dari BPS, Bapak dan Ibu guru, dan Komite SMA Avicenna Jagakarsa.

Siswa dan Siswi Perwakilan Agen Perubahan Anti Perundungan

Agen perubahan dipilih berdasarkan hasil survey untuk report dari unicef. Pada survey tersebut siswa diminta menyebutkan nama teman-temannya yang sering berinteraksi dengan mereka. Dari hasil survey diambil 30 siswa yang paling banyak disebutkan, dalam artian 30 siswa ini memiliki pengaruh yang tinggi di antara teman-temannya karena paling sering berinteraksi dengan mereka. Dalam rangka mendukung sekaligus menutup kegiatan ini, hadirin dan agen perubahan diminta untuk menandatangani banner “Komitmen Anti Perundungan Agen Perubahan SMA Avicenna Jagakarsa”.

Banner Komitmen Anti Perundungan

Dengan hadirnya dan terlaksananya program “Roots Indonesia” diharapkan dapat menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan, aman, dan tidak ada lagi perundungan.

Oleh : Raihanah Athaya

Dok : SMA Avicenna Jagakarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?