SEKOLAH AVICENNA JAGAKARSA

Leadership School

PELATIHAN MONTESSORI KB-TK-SD AVICENNA LEADERSHIP SCHOOL INDONESIA

Tenaga Pendidik di Avicenna Leadership School Indonesia jenjang KB, TK dan SD (kelas 1-3) telah melaksanakan Pelatihan Montessori, guna meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam mengembangkan penggunaan metode pembelajaran yang konkret di dalam kelas.

Pelatihan Montessori ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada tanggal 17, 18, 19, 20 dan 23 Mei 2022. Bersama Ms. Emmanuela K. R Widyantari selaku Lecturer cum Course Liaison Officer dari PT MMI, Tenaga Pendidik kami di Sekolah Avicenna Leadership School Indonesia mengikuti Intensive Workshop mengenai metode Montessori.

Selama 5 (lima) hari berturut-turut Tenaga Pendidik Avicenna Leadership School Indonesia KB, TK dan SD (kelas 1-3) mengikuti workshop mengenai 5 area Montessori antara lain : Montessori Philosophy, Practical Life Area, Sensorial Area, Language Area, Mathematics Area, dan Cultural Area. Pada kegiatan workshop ini para tenaga pendidik diberikan materi dan melakukan praktek langsung menggunakan aparatus Montessori sesuai areanya. 

“Pelatihan ini sangat menarik, karena kita kembali belajar untuk mengenal perkembangan anak, mengenal kemampuan anak berdasarkan tahapannya, dan menurut saya ini perwujudan yang baik oleh Yayasan Pendidikan Avicenna Prestasi agar kurikulum yang kita miliki tidak hanya terfokus pada hasil tapi juga terfokus pada perkembangan anak secara menyeluruh. Diharapkan dari pelatihan Montessori ini kita bisa mengimplementasikannya ke dalam kurikulum sehingga leaders-leaders kita siap untuk menghadapi era 4.0” menurut Ibu Amalia Novita Psikolog sekaligus Kepala SD Avicenna Jagakarsa – Leadership School Indonesia

Sekolah Avicenna Leadership School Indonesia berusaha memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi siswa. setiap siswa tentunya mempunyai potensi masing-masing. Potensi ini lah yang sama-sama kami coba kembangkan dengan menstimulasi tumbuh kembangnya melalui kegiatan Montessori. khususnya anak usia dini. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Feronita selaku guru TK Avicenna “Dalam kegiatan ini kita merefresh kembali teori dan filosofi dalam Montessori, dimana anak pada usia dini itu berada pada sensitive period, dan kami sebagai pendidik bertanggungjawab dalam menata lingkungan untuk anak bereksplorasi dengan semua panca inderanya sebagai persiapan mereka untuk ke jenjang selanjutnya.”

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Montessori ini diharapkan tenaga pendidik Avicenna Leadership School Indonesia KB, TK dan SD (kelas 1-3) memiliki kemampuan untuk menyajikan materi pembelajaran secara konkret sesuai dengan tahapan perkembangan usia masing-masing peserta didik, agar pemahaman peserta didik terhadap suatu materi lebih bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo, Apakah ada yang bisa dibantu?